Sunday, September 11, 2011

Bagaimanakah Cara Mencari Ide Tanpa Batas?

Betapapun hebatnya Anda menguasai sebuah topik, pada suatu waktu Anda akan merasa buntu juga. Tiba-tiba saja suatu saat Anda tak tahu lagi apa yang harus ditulis.

Ini sebenarnya hal yang lumrah. Setiap penulis & juga blogger tentu pernah mengalami masalah seperti ini. Saran yang biasa diberikan yaitu, pergunakan kesempatan tersebut untuk istirahat. Biarkanlah pikiran berhenti bekerja selama beberapa waktu. Namun, jangan terlalu lama.Sebab kalau dibiarkan begitu terus, pikiran Anda bisa menjadi semakin tumpul.

Setelah cukup beristirahat, kembalilah ajak pikiran bekerja. Carilah ide-ide fresh dan tuliskan. Jika masih buntu juga, Anda bisa mencoba masukan sederhana berikut ini:

1). Lihatlah apa yang sudah ditulis blogger lain. Jelajahi, surfinglah blog-blog yang memiliki kesamaan topik dengan Anda, lalu lihatlah topik apa yang sedang mereka angkat. Setidaknya Anda mengetahui topik apa yang sedang hangat dibicarakan. Lalu Anda bisa menjadikan tulisan blog tersebut sebagai informasi tambahan pada postingan Anda. Atau Anda juga dapat menulis satu postingan baru yang berisi tanggapan terhadap tulisan yang baru saja Anda baca.

Jika Anda bingung mencari blog-blog yang satu topik dengan Anda? Coba saja gunakan saja fasilitas pencari blog milik Google (http://blogsearch.google.com) atau lakukan pencarian blog melalui Technorati.

2). Membaca beberapa blog yang bertema sama. Ini sama artinya Anda memiliki satu sumber ide yang selalu bisa dijadikan acuan untuk menulis. Selanjutnya Anda bisa lebih gampang menemukan ide dengan melakukan blogwalking ke blog-blog itu. Namun misalkan Anda masih sering merasa buntu juga, cobalah mencari ide di beberapa situs berita seperti Detik.com. Tentulah Anda hanya akan mencari berita-berita yang sesuai dengan topik dari blog Anda. Kalau mau lebih mudah, gunakan saja bantuan dari Google News (http://news.google.com) atau Yahoo! News (http://news.yahoo.com).

3). Selain dari blog dan situs berita, Anda juga bisa menjaring ide-ide di forum. Anda dapat berdiskusi dengan orang-orang yang memiliki kesamaan minat menulis dengan Anda. Dari sini pulalah Anda akan memperoleh banyak bahan baru untuk ditulis di blog. Tapi ingat, jangan sampai Anda bergabung dengan sembarang forum. Pilihlah forum-forum yang memiliki kesamaan topik dengan blog Anda. Pusatkan perhatian Anda pada satu atau dua forum yang memiliki member terbanyak, atau yang benar-benar fokus pada topik pilihan Anda.

4). Satu tempat lagi yang merupakan gudangnya ide ialah situs direktori artikel (article directory). Di sini terdapat berjuta-juta artikel dalam beragam topik, dengan penulis dengan background beraneka ragam. Tetapi Anda saya sarankan ke situs direktori artikel bukan untuk mengopi mentah-mentah lho. Bacalah artikel-artikel terbaru dalam topik-topik yang sama dengan topik blog Anda, temukan apa saja isu yang sedang menarik dibicarakan, lalu tuliskan hasilnya di blog Anda..

5). Anda mungkin saja tidak percaya ini, tapi tahukah Anda? toilet merupakan tempat yang bagus untuk menggali ide-ide brilian. Sebuah penelitian yang dilakukan psikolog Inggris, Dr. Peter Marsh, membuktikan hal ini. Dari total responden 1.000 orang, Marsh menemukan 3 persen pria & 1 persen wanita yang mengaku kalau mereka lebih sering menemukan ide kreatif saat sedang berada di toilet.

Catatan: Dinukil dari buku 7 Langkah Mudah mencari Uang lewat Blog (Gara Ilmu, Yogyakarta, 2010).
dikutip dengan perubahan dari: www.bungeko.com

Powered by Blogger.

  © Blogger template 'Personal Blog' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP