Sunday, September 11, 2011

Demam? Mandi saja!

Terkadang pemberian obat penurun panas dan kompres sudah dilakukan tetapi suhu tubuh seseorang tidak kunjung turun. Maka cara paling efektif yang kemudian bisa ditempuh adalah mengompres seluruh tubuhnya. Pastinya tidak praktis sama sekali membaluri tubuh seorang yang sakit dengan air di tempat tidur. Maka yang paling mungkin adalah membawanya ke kamar mandi. Membasuh tubuh seseorang yang sedang demam tinggi sama sekali tidak berbahaya, asalkan saja tidak menggunakan air dingin. 

Mandi dengan dengan air hangat justru lebih dianjurkan daripada air dingin. Tentu ini berhubungan dengan thermoregulasi. Ketika air untuk mandi adalah air hangat, maka termoregulator akan membaca bahwa tubuh kita adalah panas maka ia merespon tubuh untuk menurunkan suhu tubuh. Inilah efek terbaik ketika seseorang terlalu tinggi demam dan efek diharapkan bekerja segera.

Metode ini sangat cocok diterapkan pada anak kecil. Anak kecil cenderung senang bila dapat bermain air. Maka, tak usah ragu-ragu membawanya ke kamar mandi sepanjang ia menginginkannya, tentu dengan pengawasan penuh dari orang tua tentunya. 
Kunjungi Link terkait:
 -Bahaya Penggunaan Obat Penurun Panas Tanpa Ilmu
- Kompres Demam dengan Air Hangat ataukah Air Dingin?


sumber: (Dr. Waldi Nurhamzah, Bagian Ilmu Kesehatan Anak FKUI, Jakarta)

Powered by Blogger.

  © Blogger template 'Personal Blog' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP